Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Wednesday, September 14, 2016

Cara melembutkan Daging: Simbar Menjangan pelembut daging

  Jika pernah anda merebus daging sudah begitu lama merbus namun si daging tidak juga mau lembut, tetap saja alot, ada bahan alami yang dapat anda gunakan
banyak cara yang digunakan oleh masyarakat pedesaan jikalau menemukan permasalahan-permasalahan di dalam memask daging, akibat daging yang dimasaknya begitu alot dan kenyal sehingga tak jarang para ibu ibu memutar akal untuk dapat membuat daging yang dimasaknya menjadi segera lembut, diantaranya ada yang sengaja memasukkan gelas ataupun sendok garpu kedalam panci perebus, mungkin bertujuan agar panas yang dihasilkan lebih kuat di dalam wadah, ada juga sebagian masyarakat memanfaatkan bahan alami yakni simbar menjangan untuk membantu proses percepatan pelembutan daging yang dimasak.

sebelum membicarakan caranya maka saya akan sedikit jelaskan perihal tanaman simbar menjangan ini, agar sedikit ada gambaran tentang tanaman ini.
Nama Latin : Platycerium Bifur catu 
Nama daerah : 
  • Simbar menjangan;
  • Simbar Agung
  • Paku tanduk rusa;
  • Paku Tanduk ancul;
  • Paku tanduk menjangan;
Biasanya tanaman ini ditanam di pekarangan rumah, tanaman ini ditanam menempel di pohon-pohon sama seperti tanaman anggrek dia  sebagai hiasan yang juga tentunya dapat mempercantik pekarangan anda. tanaman ini di bali bernama Simbar menjangan, karena daunnya amat mirip dengan tanduk rusa, memiliki warna hijau kadang kekuningan.
  •  Bentuk tanaman susah dibedakan antara batang dan daun, karena batang dan daun adalah bagian yang sama saya lihat, daunnya menjulur ke bawah amat mirip dengan bentuk dari tanduk rusa.
  • Akar : akarnya berbentuk serabut yang ditutupi oleh bagian tanaman yang tumbuh berbentuk oval, melingkar di sekitar akar, dilapis kedua ada pula bagian tanaman yang tumbuh bak daun namun tidak bertahan lama karena akan segera mengering dan berubah warna menjadi coklat dan akhirnya tersisa menyerupai jaring  menyerap air.
Cara perbanyakan tanaman :
untuk perkembangbiakan tanaman ini adalah dari tunasnya yang tumbuh diarea bagian sisi luar tanaman, tinggal di toreh dan disediakan tempat dengan menggunakan bantalan dari sabut kelapa, maka tanaman baru sudah bisa menghiasi taman anda.

Manfaat :
  1. Memperbaiki siklus haid : meminum air  rebusan daun simbar menjangan 2 kali seminggu satu gelas. 
  2. Untuk melembutkan daging inilah caranya, pada saat anda mulai merebus daging masukkan juga satu lembar daun Simbar menjangan ini kedalam wadah rebusan, daun ini tidak merubah warna maupun cita rasa daging, dan yang terpenting adalah daging tetap aman dikonsumsi, rebus daging seperti biasa dan perhatikan hasilnya.
  Demikian, semoga bermanfaat.


cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Blog Archive

Total Tayang Halaman

Ads