Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sunday, September 11, 2016

Kasiat daun Piduh/Daun Pegagan: mengatasi luka dan Lecet

Perlu anda ketahui bahwa bermacam manfaat kesehatan bisa kita temukan dalam pemanfaatan daun pegagan atau dalam bahasa balinya disebut daun piduh, namun karena belum banyak informasi yang saya terima mengenai cara pengolahannya maka dari itu untuk sementara saya belum bisa memberikan cara pasti pengolahannya kepada anda.

namun dari beberapa orang yang telah  pernah memberi tahu saya mengenai pemanfaatannya ada salah satu yang paling sering saya dengar dan sudah saya terapkan sendiri yaitu pemanfaatan daun ini sebagai obat mengatasi luka baru.

Pada saat anda melakukan outbond, mendaki, ataupun bersepeda, kadang, sering mengalami luka maupun lecet kecil pada bagian tubuh, beruntung kalau kita membawa plaster luka, namun jika tidak, kita bisa memanfaatkan bahan alam yang ada disekitar kita, yaitu menggunakan daun Piduh (bahasa Bali) atau daun Pegagan, tumbuhan ini biasanya tumbuh liar merambat di tanah, apalagi di pedesaan tidaklah sulit menemukannya.

Adapun caranya, ambil beberapa helai daun Piduh/pegagan, diremas hingga hancur, atau biasanya oleh masyarakat desa daun ini dikunyah hingga lembut, lalu ditempelkan pada tempat yang luka tadi, daun ini bersifat anti bakteri dan dapat menutupi luka hingga mencegah darah keluar.
Demikian tip mengatasi luka sebagai pertolongan pertama, semoga bermanfaat..

Manfaat lainyang dapat kita temui dari pemanfaatan dun ini adalah:
  • Daun pegagan dapat meningkatkan fungsi otak.
  • mencegah amnesia
  • mencegah munculnya stres, karena bahan aktif dalam daunnya memiliki efek yang dapat meredakan rasa stres dan ketegangan dalam tubuh
  • menjaga kesehatan liver 
  • mencegah penuaan dini, mengkonsumsi tanaman ini akan membantu meremajakan kulit serta meningkatkan elastisitas kulit
Demikin sebagian kecil manfaat tanaman pegagan, semoga bermanfaat.

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Blog Archive

Total Tayang Halaman

Ads