Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, September 26, 2016

Manfaat Bunga Jengger Ayam:atasi Iritasi Kandung Kemih

Pada umumnya tanaman ini di tanam oleh masyarakat perkotaan maupun pedesaan sebagai tanaman hias, karena memiliki bentuk bunga yang unik menyerupi janggar ayam jago, mungkin itulah yang menyebabkan bunga ini disebut jengger ayam, tanaman ini sangat jarang kita jumpai di alam liar, melainkan banyak ditanam pada halaman rumah, serta diperdagangkan pada sentra-sentra penjualan tanaman hias, tanaman ini termasuk sangat unik dan indah pada saat memiliki bunga yang sudah tua ,dari beberapa warna yang ada, warna merah  dan Ungu yang paling sering kita lihat ditanam di pekarangan rumah, tanaman ini dapat tumbuh tegak hingga mencapai satu meter memiliki struktur batang kuat dan bercabang. Memiliki daun berbentuk lonjong agak panjang sisi tepinya rata dan meruncing pada ujungnya.

Memiliki bunga majemuk berbentuk bulir bulir kecil, dan bagian atas bunga melebar membentuk menyerupai jengger ayam jago.

Nama latin : Celosia cristata

Nama daerah tanaman ini diantaranya :
  • Tatara manuk , Sapiri Manu ( sulawesi)
  • Jawer Hayam ( jawa barat)
  • Bunga tali (Sumatera)
  • Janggar siap (Bali)

Kandungan zat pada bunga dan daun jengger ayam diantaranya :
Amaratin, Kaempferitin, Saponin, pinitol, minyak lemak dan Flavonoida.
  Ada sekian banyak manfaat tanaman ini adalah :

  1. Anti Radang;
  2. Menghentikan pendarahan;
  3. Obat keputihan;
  4. Wasir;
  5. Infeksi Saluran Kemih, untuk mengobatannya sendiri anda dapat menggunakan bagian bunga atau daunnya, siapkan satu genggam daun atau bunga jengger ayam lalu direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa kurang lebih 2 gelas, minum pagi dan malam masing masing satu gelas, menurut orang yang pernah mencoba, dalam 2-3 hari sakitnya akan berangsur hilang.
Demikian semoga bermanfaat.

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Blog Archive

Total Tayang Halaman

Ads