Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Wednesday, September 14, 2016

Manfaat Daun Kayumanis:Pelancar ASI

  Tanaman ini merupakan tanaman yang banyak tumbuh liar di sekitaran pekarangan rumah, batangnya berbentuk bulat dan berkayu, walau batangnya tidak begitu besar namun tanaman ini dapat tumbuh tegak hingga mencapai dua meter, memiliki batang yang panjang dengan bentuk daun yang berbentuk bulat lonjong, pada ketiak daun muncul bunga yang berwarna merah serta akan berubah menjadi buah yang berbentuk bulat, tanaman ini selalu berbunga dan berbuah hampir sepanjang tahun.
Berikut sedikit informasi tambahan mengenai tanaman ini agar kita bisa menambah sedikit pengetahuan kita akan tanaman ini.

Nama Latin: Sauropus androgynus
Kandungan dalam daun:
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Zat besi
  • Fosfor
Manfaat daun kayumanis atau daun Katuk di Bali digunakan sebagai bahan pembuat Loloh atau jamu, dan sering juga digunakan untuk meningkatkan produksi dan melancarkan ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui.
Loloh atau air perasan daun Kayumanis ini populer untuk diberikan kepada anak-anak, karena rasanya samasekali tidak pahit seperti loloh daun obat lainnya, manfaatnya dapat meningkatkan nafsu makan anak-anak, sedangkan untuk Ibu menyusui, daun kayumanis dikonsumsi sebagai sayur, dimasak bersamaan dengan sup dan sayur bening.
Demikian, semoga bermanfaat


#Cintapohon
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Blog Archive

Total Tayang Halaman

Ads