Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Tuesday, September 13, 2016

Manfaat tanaman-Awar-awar-anti parasit

Tanaman ini adalah tanaman yang termasuk kedalam golongan tanaman peredu, keberadaannya hanya seperti tanaman liar biasa yang tumbuh begitu saja tanpa ada yang membudidayakannya, tidak susah jika kita ingin menemukan tanaman ini, karena dia tidak tumbuh di suatu tempat yang khusus melainkan di sembarang tempat, mulai dari pinggir-pinggir sungai, tepian persawahan, pinggir-pingir jalan, lahan terbuk maupun kadang tumbuh di pojok-pojok pekarangan rumah.
berikut saya akan sedikit jelaskan tentang karakteristik tanaman awar-awar ini, tentunya sebatas pengetahuan saya yang mungkin sangat jauh dari kata sempurna, namun mudah-mudahan sedikit dapat membantu rekan-rekan untuk dapat mengetahui tanaman ini.
  • Batang : tanaman ini memiliki batang yang berbentuk bulat dan beruas-ruas samar, batang berdiri tegak keatas, namun batang yang dimilikinya biasanya tidak terlalu besar, memiliki cabang cukup banyak dan memanjang, kulit batang berwarna hijau dan kecoklatan pada saat dewasa.
  • Daun : saat masih kecil tanaman ini memiliki daun yang mirip dengan daun Mengkudu, namun sedikit agak kasar dan jelas pada urat daun, daun tumbuh berpasangan pada ruas batang memiliki bentuk daun lebar dan berbentuk bulat lonjong, memiliki tepian daun yang rata serta dan agak meruncing pada bagian ujung daunnya, serta yang pasti berwarna hijau muda pada pucuk serta hijau tua pada daun yang tua.
  • Buah : memiliki buah bulat kecil majemuk yang bergerombol pada batang pohon, tampak bergerombol dikarenakan batang buah yang sangat pendek dan tempat tumbuhnya sama yaitu pada sisi atas ketiak daunnya.
Sebelum beranjak pada pemanfaatannya ada baiknya kita juga tau spesifikasi serta nama daerah tanaman ini.
Nama latin : Ficus Septica

Nama daerah :
  • awar-awar (Bali dan Jawa)
  • Bar-abar (Madura)
  • Sirih Popar ((Ambon)
  • Tobo-tobo (makasar)
  • Tagalolo ( Minahasa)
 Ada beragam kegunaan dari tanaman ini diantaranya :
  • Manfaat Daun : daun tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat diantaranya : sebagai obat batuk, demam, dan pilek serta radang pernafasan, peluruh keringat serta ramuan obat rematik.
  • Manfaat Getah : pemanfaatan getah dari tanaman awar-awar diantaranya adalah : mengatasi berbagai macam penyakit kulit, seperti herpes eksim, panu, kadas, kurap, serta yang paling sering adalah pembasmi cacing mata pada hewan unggas, serta dapat menjernihkan dan menajamkan pengelihata hewan unggas, untuk caranya sendiri sangatlah mudah, cukup petik pucuk pohon awar-awar, lalu getah yang keluar langsung diteteskan pada mata ayam, masing-masing satu tetes kanan dan kiri, ulangi jika dirasa perlu, maka cacing mata pada ayam akan hilang, dan mata ayam anda akan bersinar.
  • Manfaat Akar : pada bagian akar tanaman ini konon dapat digunakan sebagai bahan penawar racun sengatan hewan berbisa ataupun keracunan makanan.
Demikian sedikit saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.


cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Blog Archive

Total Tayang Halaman

Ads