Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Thursday, October 20, 2016

Biah-biah (bali)-Genjer:kaya serat dan zat besi

Bagi teman- teman yang pada masa kecilnya pernah merasakan tinggal di pedesaan atau di kampungkhususnya di Bali, terlebih lagi apabila disekitar rumah masih ada area persawahan atau lahan basahatau rawa-rawa, maka tentunya sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan ini, dikala orang menyebut kata biah-biah atau bebiah, maka sudah barang tentu bayangan anda langsung tertuju pada sosok tanaman air yang hidup di rawa-rawa, ataupun tanah sawah dan tanah pertanian basah, sepengetahuan saya ada dua jenis biah-biah yang sering kita jumpai yaitu :
  1. Biah-biah bali, saya sebut begitu karena biah-biah ini tumbuhnya di bali dan dianggap menjadi tanaman lokal yang sudah sangat lumrah dikalangan petani,  adapun  pemanfaatan biah-biah memiliki daun berbentuk hati, permukaan daun halus dan batang berbuluh dan berwarna hijau tua, disamping sebagai pakan hijauan ternak terutamanya itik, namun tidak jarang juga masyarakat mengkonsumsi bagian tanaman ini sebagai sayuran, terutamanya biah-biah dalam keadaan masih muda.
  2. Biah-biah jawa, begitu masyarakat menyebutnya, ini dianggap tanaman biah-biah pendatang dan jenis baru, karena ada  perbedaan bentuk daun yakni berbentuk bulat, batang berbuluh dan berwarna hijau muda.
Walaupun kedua tanaman ini berbeda dalam bentuk fisik, namun tetap saja tanaman ini memiliki jenis yang sama, yaitu genjer, dan sama-sama dapat dimanfaatkan sebagai sayuran yang memiliki nilai gizi yang baik, dengan berbagai macam cara pengolahannya.

Di dalam sayuran genjer banyak manfaat yang bisa kita dapati, diantaranya :
  • Sayuran biah-biah kaya akan serat, dimana dengan serat yang mencukupi untuk tubuh akan dapat berpengaruh baik buat pencernaan, mencegah sembelit, melancarkan pencernaan.
  • Sayuran biah-biah kaya akan zat besi, meningkatkan pembentukan sel darah merah, menghindari kita dari kekurangan darah, jadi sangat baik untuk anak-anak, orang tua, ataupun ibu hamil.
Disamping itu masih banyak lagi kandungan zat yang bermanfaat buat tubuh kita yang terdapat di dalam tanaman ini.

Beraneka cara pengolahan dapat dilakukan atas tanaman ini diantaranya :
  • Ditumis atau digunakan sebagai sayuran lalapan yg terlebih dulu direbus ( biah-biah jawa).
  • Dijadikan sayur urab atau sayuran  lawar,( biah-biah bali)
  Namun begitu, memperhatikan tempat tumbuh dari tanaman ini juga penting bagi kita sebelum menjadikannya sebagai sayuran, karena pengaruh kebersihan lingkungan tempat tumbuhnya tanaman ini, terutamanya air dan tanahnya, dapat berpengaruh terhadap kesehatan kita dalam mengkonsumsi sayuran ini.

  Demikian, semoga bermanfaat,

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads