Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Friday, October 21, 2016

Loloh Cemcem (Bali):Minuman Khas Bali

Pohon Cemcem, demikian sebutan masyarakat pada tanaman ini, pohon ini sangat mirip dengan pohon kedondong, namun permukaan kulit pohon cemcem sedikit lebih halus dari pohon kedondong, bentuk daun cemcem jauh  lebih lembut dan sedikit lebih lebar dari daun kedondong, memiliki tepian daun yang rata dan agak runcing pada bagian ujungnya.

Biasanya tanaman ini digunakan sebagai pagar hidup oleh masyarakat di pedesaan, atau juga digunakan sebagai tiang hidup dalam membuat gubuk, baik itu gubuk di sawah maupun gubuk untuk kandang hewan ternak, karena disebabkan oleh sangat mudahnya dalam menanam tanaman ini, untuk menanamnya, hanya diperlukan batangnya, baik itu batang besar maupun kecil, semua dapat tumbuh bila distek, jadi untuk membangun gubuk dengan menggunakan tiang tanaman hidup tidak perlu menunggu lama, dan pastinya tahan akan rayap, karena tiangnya dari tanaman hidup, serta daunnya dapat digunakan untuk loloh atau jamu yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Saat muda daun tumbuhan ini berwarna hijau kemerahan, hingga nantinya akan menjadi hijau, saat masih muda itulah saat yang paling tepat daun ini untuk digunakan sebagai loloh atau jamu :
Bahan bahan :
  1. Daun cemcem yang masih muda;
  2. Daun kayumanis (tambahan);
  3. Kelapa muda (pengganti air);
  4. Gula Aren (gula bali);
  5. Garam dapur ( uyah)
Dalam hal ini daun cemcem adalah bahan utama, sedangkan untuk daun dapdap dan daun kayu manis dapat anda kombinasikan menurut selera, semua kembali kepada selera anda masing-masing serta ketersediaan bahan-bahan tentunya. Adapun caranya sbb:
  • Daun cemcem dan daun lainnya dicuci bersih, lalu dimasukkan. Kedalam wadah berupa baskom, tuangkan air matang secukupnya, untuk citarasa yang lebih nikmat, anda dapat  menggunakan air kelapa muda sebagai dasarnya.
  • Setelah daun-daun tersebut hancur, sambil diperas-peras yang bertujuan agar sari sari dari daun-daun tersebut dapat keluar.
  • Setelah itu saring dan pisahkan air perasan degan ampasnya, tambahkan sedikit garam dan gula aren yang telah dicairkan, maka minuman segar siap dihidangkan.
Adapun kombinasi sehat minuman ini sama-sama bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengobati panas dalam dan tentunya penyegarkan tubuh.

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads