Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, October 31, 2016

Manfaat Juwet ( bali):Duwet:Jamblang

Tanaman ini sangat terkenal dengan warna hitamnya, walaupun pada saat dipanen buah tanaman ini tidaklah seluruhnya berwarna hitam, buah yang masak mulai berwarna ungu hingga hitam, serta pada saat dimakan biasanya meninggalkan warna ungu pada lidah kita, buah yang masak akan berasa manis dan kadang agak sepat, tanaman ini memiliki batang kayu yang kuat, tumbuhnya dapat mencapai tinggi belasan meter, memiliki cabang dan ranting yang cukup banyak yang akan menopang banyaknya buah yang dihasilkannya. Pemanfaatan kayu dari tanaman ini dapat digunakan sebagai bahan bangunan, namun karena jarangnya tanaman ini dan biasanya diameter lingkar batangnya tidak terlalu besar jadi relatif sangat jarang orang yang memanfaatkan sebagai bahan bangunan, melainkan hanya digunakan sebagai bahan baku prabotan rumah tangga seperti Kursi, meja , daun pintu ataupun daun jendela.

Kini kita bahas sedikit tentang ciri-ciri fisik tanaman ini terutamanya pada bentuk daun dan buah, serta pemanfaatan bagian dari tanaman ini sebagai bahan-bahan obat alternatif.

Daun :
bentuk daunnya bulat linjong serta landai pada bagian ujungnya, daunnya tergolong agak tebal dan sedikit kaku.

Buah :
buahnya berbentuk bulat lonjong agak lebih besar dari kelereng, pada saat muda buah berwarna hijau, lalu merah dan akhirnya pada saat matang berwarna ungu dan hitam, kulit buah tipis dan memiliki daging buah yang tebal untuk seukuran buah segitu, dan juga untuk bijinya berbentuk sama dengan bentuk buahnya. Buahnya kaya akan kandungan antosianin yang berperan penting sebagai antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.

Cara budidaya atau pengembangbiakan tanaman ini : perbanyakan tanaman ini biasanya adalah secara alami melalui penyemaian biji, namun dapat juga dilakukan dengan cara cangkok dan tempel, dikarenakan tanaman ini juga termasuk tanaman liar, maka tidaklah terlalu sulit dalam perawatannya, namun untuk mendapatkan pohon yang produktif tentu diperlukan pemupukan yang cukup.

Pemanfaatan bagian tanaman sebagai herbal tradisional :
  1. Biji Juwet : biasa digunakan oleh masyarakat jika memiliki anak yang suka ngompol, dengan menggunakan gerusan/ tumbukan beberapa biji juwet ditambah dengan gula aren/ gula bali, dan diminum tentunya setelah disaring.
  2. Kulit batang : mengatasi Sebae (bali) / buang-buang air karena masuk angin, dengan cara merebus kulit batang kira-kira satu ruas.
  3. Kencing Manis: 10-15 Biji juwet ditumbuk halus lalu direbus dengan 400 ml air atau kira-kira 2 gelas kecil, hingga tersisa 1 gelas, atau dapat juga gunakan 200 gr kulit batang juwet direbus dengan 400 ml  air hingg tersisa setengahnya dan disaring lalu diminum bertahap.
Demikian sebagian kecil resep yang saya dapatkan dari informasi teman-teman, semoga bisa bermanfaat bagi kesehatan kita, Terima Kasih.

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads