Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, October 31, 2016

Mengatasi Kulit bersisik-Tibah-(bali)-mengkudu-Pache

Tanaman ini beberapa tahun silam sempat menanjak popolaritasnya, itu tak lain dikarenakan banyaknya ditemukan secara luas manfaat dari tanaman ini, dimana sejatinya jauh sebelum adanya penelitian dan penemuan itu, bagian tanaman ini terutamanya bagian buah dan daunnya, mungkin sudah dimanfaatkan ratusan tahun yang lalu, baik sebagai obat dan penjaga kebugaran, bahkan juga digunakan sebagai bahan penjaga stamina hewan peliharaan terutamanya pada ternak bebek dan ayam, tidak sampai disitu, konon mengkudu juga dapat digunakan sebagai bahan untuk pembersih pakaian pada saat mencuci pakaian layaknya sabun cuci, tentunya itu sebelum masyarakat mengenal sabun cuci seperti saat ini.

Seperti Biasa saya sedikit menjelaskan karakteristik dari tanaman ini, hal ini agar dapat sedikit menjelaskan akan tanaman yang saya maksud, berhubung banyak nama yang disematkan kepada buah ini, jadi akan sedikit membantu bagi teman-teman yang sekiranya masih agak kurang tahu tanaman ini.
  • Batang: batang pohon mengkudu adalah batang berkayu, tingginya dapat mencapai belasan meter, kayunya condong terkesan basah, dan kadar airnya agak tinggi, kulit kayunya kasar namun bersih, jika di kupas pada kulit pohonnya, kayunya akan tampak berwarna agak kuning, serta semakin pekat warna kuningnya pada bagian inti, atau semakin ketengah, walau sangat jarang digunakan sebagai bahan bangunan, namun ada sebagian masyarakat memanfaatkannya sebagai bahan dasar membuat kerajinan patung sederhana.
  • Daun: Mengkudu memiliki bentuk daun yang lebar, jika dilihat pada permukaan daunnya tampak halus da memiliki warna hijau yang pekat.
  • Buah: Buah mengkudu pada saat muda memiliki warna hijau dan teksturnya keras,  namun pada saat buahnya matang, maka buah akan berubah menjadi warna hijau kekuningan, hingga berwarna krem pada saat buah sangat matang, pada kulit buah terdapat ornamen persegi dan lingkaran layaknya sisik, jika buah matangnya kita belah akan tampak biji buah yang banyak, serta daging buah akan mengeluarkan aroma yang menyengat.
Berikut beberapa resep yang coba saya tampilkan:
  1. Hipertensi dan sakit kuning : 2 Buah mengkudu yang sudah masak, diperas diambil airnya dan ditambahkan madu, 3 kali seminggu.
  2. Kencing manis : mengkudu, Kunyit, lemo, ketiga bahan direbus lalu disaring dan diminum satu gelas setiap hari.
  3. Demam masuk angin : mengkudu 1 buah, ditambah kencur/cekuh(bali), satu ruas, direbus dan diminum.
  4. Menghaluskan kaki yang bersisik: gosokkan buah yang matang pada kaki, biarkan beberapa menit, lalu seka menggunkan kain atau lap basah.
  5. Untuk kesehatan ternak dapat juga dibaca di cintapohonku:Manfaat daun mengkudu/tibah untuk kesehatan ternak.
  Demikian saya teruskan resep herbal manfaat mengkudu dari teman-teman, semoga ada manfaatnya bagi kita semua,Terima kasih.

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads