Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sunday, October 30, 2016

Pohon Besaran : Berry Lokal

Kali ini saya akan mencoba berbagi perihal tanaman yang bernama Besaran, dari data yang saya dapatkan di Kebun Raya Eka Karya Bali, yang terletak di daerah Bedugul, Kabupaten Tabanan Bali, disana disebutkan bahwa nama nasional dari tanaman ini adalah Pohon besaran, untuk nama-nama daerah atau nama lokal, mungkin sangat banyak dan tentunya berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya.
Pada papan nama itu juga disebutkan bahwa salah satu dari jenis tanaman ini adalah tanaman yang juga asli tumbuh di bali, tanaman ini adalah sejenis dengan Murbei tanaman yang daunnya digunakan sebagai makanan ulat Sutera. Di daerah jawa khususnya daerah malang selatan masyarakat disana menyebutnya berry, ada pula yang menyebutnya dengan nama  Bebesaran; babesaran; kerto dll

Tanaman ini merupakan jenis dari tanaman peredu, tinggi tanaman dapat mencapai 5 meter atau lebih, tergantung dari media tumbuh dan umur tanaman, tanaman ini sendiri bukanlah tanaman yang membutuhkan perawatan khusus untuk dapat berkembang dan pembiakannya.

Perbanyakan tanaman ini padadasarnya adalah dengan cara generatif yaitu perbanyakan alami melalui pertumbuhan tunas dari bijinya, baik itu yang terjatuh saat buah yang telah matang, ataupun yang tersebar oleh hewan-hewan pemakan buah, terutamanya burung, namun bukan cuma itu, kita juga dapat melakukan perbanyakan dengan cara mencangkok, serta yang paling termudah adalah dengan cara stek batang, semua cara itu dapat dilakukan, tergantung keinginan kita tentunya.
Berikut saya gambarkan ciri ciri fisik serta info manfaat Tanaman Besaran Untuk anda :

Nama latin  : Morus Alba L ( Morac)

Nama Nasional   : Besaran

Khasiat : Antiusif; Antiporetik; Anti Flogestik, Diuretik dan Analgesik

Kandungan zat : Vitamin A, C, B1, Adenin, Kolin, Kalsium, Fospor. dll.
  • Batang : tanaman ini memiliki cabang dan ranting yang banyak khas pohon peredu.
  • Daun : Daun tanaman berbentuk jantung tidak sempurna, datar pada bagian pangkalnya dan meruncing pada bagian ujung serta memiliki ringgit atau bergerigi pada penampang atau tepi daun;
  • Buah : buah besaran adalah buah majemuk, bulat kecil dan bergerombol dalam satu tangkai, memiliki warna merah gelap pada saat matang.
Khasiat Herbal :
  1. Mengatasi demam karena  flu dan malaria, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, anemia, sakit gigi, dan darah tinggi : satu genggam buah Besaran kurang lebih 10 gr, dibuat jus dan diminum setiap hari.
  2. Hepatitis serta radang persendian:10 lembar daun direbus, diminum satu gelas sehari.
 Demikian yang saya dapat infokan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya, terima kasih.

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads