Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Saturday, November 12, 2016

Manfaat Bunga Celeng-Teleng-kembang biru

  Sebelum saya memulai tulisan saya ini, ada baiknya kita menyamakan persepsi untuk penyebutan nama tanaman ini, tanaman ini dalam tulisan ini saya sebut dengan nama, yaitu Celeng ("Ce" seperti dalam pengucapan cecak, sedangkan "leng" dalam mengucapkan Lengkuas), jadi sudah jelas kan, namanya celeng, karena salah membacanya ia akan menjadi nama salah satu hewan peliharaan masyarakat bali..hehehe.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman merambat, biasa hidup melilit atau membelit tanaman lainnya, namun tanaman ini bukan termasuk tanaman parasit atau benalu, karena tanaman ini hanya menggunakan tanaman lain sebagai media agar dapat naik keatas untuk mendapatkan cukup sinar matahari untuk dapat melakukan fotosintesis untuk pertumbuhannya. Di lain daerah bunga ini juga memiliki nama yang berbeda-beda, ada juga yang menamakan bunga ini dengan sebutan kembang teleng, kembang talang, bunga Telang, kembang biru, dan lain-lain, namun di tempat saya kebetulan masyarakat menamakan bunga ini dengan sebutan bunga celeng. Tanaman ini biasa ditanam di sekitar pekarangan rumah menjadikannya sebagai tanaman hias, karena bunganya yang indah serta warna bunga dari tanaman ini yang berwarna biru tua cerah.  Pembiakan tanaman inipun tergolong sangat mudah, hanya dengan menyemaikan bijinya, perawatannya hanya dengan memberikan sedikit pupuk dan tidak lupa memberikan rambatan pada saat tanaman mulai tumbuh.

Nama latin : Clitoria ternatea.
Kandungan dalam atsirinya : Flavonoid, Alkoloid, Sulfur, Saponin, dll

Manfaat yang bisa didapat dari tanaman ini diantaranya adalah :
  • Mengurangi/ menghilangkan dahak.
  • Peluruh kencing (deuretik)
  • Pencahar Ringan (laksatif)
  • Radang mata
  • Obat cacing
Cara pemanfaatannya :
  1. Penghilang dahak pada penderita bronchitis : Minum rebusan dari akar tanaman celeng segar 
  2. Iritasi kandung kemih dan demam : rebus akar kering tanaman ini secukupnya (2-3 gr) dengan menggunakan air 3 gelas, hingga tersisa 2 gelas, lalu diminum 2 kali sehari (tidak untuk jangka panjang).
  3. Radang mata merah : rebus bunga celeng dengan air, setelah warna biru bunga larut dalam air dinginkan dan gunakan untuk mencuci mata.
  4. Bisul : tumbuk bunga celeng dengan ditaburi sedikit garam dapur, setelah lembut langsung ditempelkan tepat diatas bisul.
  5. Obat perut membesar ekstrak akar dalam alkohol ataupun arak.
  Bunganya juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna biru pada makanan.

Demikian saya teruskan informasi yang saya dapatkan dari rekan-rekan dan para sahabat, semoga bermanfaat.

cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads