Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, November 21, 2016

Manfaat Bunga Melati-Menuh-mengatasi radang Paru-paru

  Melati merupakan salah satu bunga yang termasuk bunga nasional, dan sudah sejak jaman dahulu kala bunga yang satu ini turut menjadi salah satu bunga utama kerajaan ataupun keraton, yang selalu menghiasi tubuh dan rambut para putri, serta bunga penabur permadani kerajaan pada masa itu, disamping memang karena aroma yang dimilikinya begitu wangi, bunga melati ini juga memiliki rupa yang cantik dan mungil, tak heran karena kecantikan dan keindahannya itulah bunga kini mendapat predikat puspa bangsa.
Mungkin hanya sedikit yang kita ketahui mengenai si bunga ini, mungkin saja kita menyangka pemanfaatan bunga ini hanya sebatas fungsi perhiasan dan wangi-wangian, namun anda tentu salah sebab disamping sebagai bunga penghias dan sumber wangi-wangian, didalam bunga melati juga terkandung beragam zat aktif yang tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Namun, sebelum beranjak ke permasalahan kandungan zat dan manfaat tanaman melati, seperti biasa saya akan terlebih dahulu memberikan penjelasan mengenai diskripsi tanaman ini, tentunya dengan gaya bahasa dan sepanjang pengetahuan dari hasil pengamatan saya.

Batang: tanaman ini memiliki batang berkayu, beruas-ruas, itu tentunya dapat dilihat pada saat tanaman ini sudah dewasa, mamun pada saat batangnya muda hampir tidak ada bedanya dengan tanaman lain yaitu pucuk batang hijau yang mudah patah, sejatinya tanaman melati itu memiliki ukuran batang yang kecil namaun dapat tumbuh memanjang dan membelukar, tanaman melti sejatinya tidak dapat berdiri tegak secara mandiri melainkan membutuhkan tempat sandaran seperti batang-batangmpohon peredu yang ada di sekitarnya.

Daun: pada bagian daun, melati memiliki jenis daun tunggal tumbuh berpasangan di setiap ruas batang, bentuk daun lonjong meruncing kedepan serta sedikit menjorok kedalam pada bagian pangkal, jadi bentuknya mirip bentuk jantung, penampang luar daun berwarna hijau tua dan halus dengan pertulangan yang jelas dan tepian daun rata.

Bunga: melati memiliki bunga berwarna putih, memiliki kelopak bunga berukuran kecil tersusun dua, terdiri dari beberapa helai disetiap susunnya, memiliki aroma harum yang sangat khas.

Setelah kita sedikit tau tentang deskripsi tanaman ini, kini saya akan memberikan info tambahan mengenai tanaman ini, termasuk juga manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Nama latin: Jasminum Sambac
Nama Daerah :
  • Menuh (bali)
  • Kantil: (jawa)
  • Malete (madura)
  • Mundu (sumbawa)
  • Mandiru (manado)
  • Melur (batak)
Manfaat :
  • Pengharum minuman, gunakan bunga melati kering untuk bersama diseduh dalam teh.
  • Radang paru-paru: gunakan rebusan akar dan bunga melati sebagai minuman mengatasi radang paru-paru.
  • Obat influensa: rebusan daun dan bunga melati dapat menyembuhkan influensa.
  • Diare: minum air rebusan daun dan bunga melati ditambahkan gula dan garam dapur.
  • Bisul: gunakan satu genggam daun melati, tambahkan dengan sedikit garam lalu ditumbuk halus dan diletakkan diatas bisul.
  • Sariawan: rebus beberapa lembar daun melati, lalu gunakan intuk berkumur, hal ini dapat menyembuhkan sariawan dan gusi yang meradang.
  • Susah tidur: ekstek akar ataupula rebusannya dapat berfungsi sebagai penenang.
  • Luka terpukul dan patah tulang: gunakan tumbukan daun melati untuk meluluri kulit yang lebam
Demikian ulasan saya mengenai bunga melati, semoga bermanfaat.

cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads