Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sunday, November 6, 2016

Manfaat daun bluntas-atasi nyeri pinggang

Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman peredu, biasanya tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi orang dewasa, yakni hingga 2m, tanaman sering kita jumpai di pinggir jalan dimana sering digunakan sebaga pagar hidup oleh masyarakat, terutamanya di pedesaan, kadang juga dulunya tanaman ini dapat kita jumpai sebagai tanaman liar yang tumbuh di lahan kosong.
Batang tanaman bluntas adalah berkayu, memiliki banyak cabang dan memiliki daun berbentuk bulat lonjong berukuran sedang kira kira panjang 4-5 cm lebar 2-3cm, memiliki tepi bergerigi jarang serta agak meruncing pada bagian ujung daun.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai deskripsi tanaman ini, walaupun tentunya sangat jauh dari kata sempurna, semoga dapat sedikit membantu teman-teman untuk dapat mengidentifikasi tanaman bluntas bagi teman-teman yang blm pernah tahu tanaman ini.
Setelah kita tahu ciri-ciri fisik tanaman ini, kini marilah kita sedikit berbagi mengenai ciri ilmiah serta manfaat dari tanaman ini:
Nama latin : Pluchea indica L

Kandungan : Alkaloid dan minyak atsiri.

Khasiatnya bagi tubuh:
  • Amalgesik
  • Diagoretik
  • Stomakik
Daun bluntas digunakan oleh masyarakat pedesaan khususnya di bali dan jawa sebagai loloh atau jamu.
 Khasiat :
  • Menetralkan keringat dan mengharumkan bau badan, karena dapat memperbaiki struktur kelenjar keringat,menyegarkan badan, dapat meningkatkan nafsu makan.
  • Mengatasi keputihan
  • Nyeri pinggang dan persendian.
Caranya pembuatannya:
  1. Menetralkan keringat / mengharumkan bau badan : segenggam daun bluntas yang sudah dicuci bersih dilumatkan dengan satu gelas air Masak, lalu disaring dan membuang ampasnya, saripati yang kita dapat segera diminum, lakukan setiap dua hari sekali, niscaya badan sehat dan keringat jadi harum.
  2. Keputihan : Satu genggam daun bluntas muda ditambah satu batang akar tapak liman, direbus san diminum setengah cangkir setiap pagi.
  3. Nyeri pinggang dan persendian : akar bluntas kurang lebih 5 gr, kencur, kunyit, temulawak masing" satu ruas diiris, lalu direbus dan diminum 1 kali sehari.
Demikian, semoga bermanfaat.
cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads