Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sunday, November 13, 2016

Manfaat Wortel : Mengobati minus

Tumbuhan ini termasuk kedalam  tumbuhan sayur-sayuran, yang biasanya dibudidayakan pada sentra pertanian pada wilayah yang bersuhu dingin dan lembab, seperti di daerah-daerah pegunungan diatas 1000 mdpl, tanaman ini memiliki nama latin : tumbuhan ini tidak memiliki batasan musim, asalkan mendapatkan  sinar matahari yang baik, suhu serta kelembaban yang cukup maka tumbuhan ini akan tumbuh dengan sangat baik serta sangat produktif, adapun ciri ciri fisik tanaman ini adalah tanaman ini memiliki batang daun yang berupa pelepah yang muncul dari pangkal umbi tumbuhan, bentuk umbinya sendiri tentu teman teman sudah mengetahuinya, bentuknya bulat linjong serta memilik bentuk lancip pada bagian ujung umbi.
Tumbuhan ini selain memiliki kandungan vit.A dan B1,  juga terkandung berbagai zat dalam umbi wortel, seperti misalnya : Kalsiumgaram, lemak, fosfor dan lainnya.
Tanaman wortel terdiri dari beberapa jenis, sebagian jenis dari wortel ini ada yang menghasilkan rasa umbi yang manis, ataupun ukuran yang besar, maupun warna yang bagus.
Selain enak dan menarik untuk dibuat minuman maupun sayuran, ternyata didalam umbi wortel banyak sekali terkandung zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia diantaranya : 
  • Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C;
  • Kalsium;
  • Magnesium;
  • Sat Besi;
  • Fosfor;
  • Hidrat arang, dll.
Tentu saja karena kaya akan kandungan Vitamin A, maka sangat dianjurkan mengkonsumsi wortel baik yang mentah ataupun dalam keadaan matang, tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah pada mata serta bagi yang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Penggunaan Sebagai obat trdisiomal biasanya wortel ini digunakan sebagai :
  1. Obat Eksim : satu umbi wortel dan kapur sirih, ambil umbi wortel lalu diparut setelah selesai lalu tambahkan kapur sirih lalu ditempelkan pada bagianyang terkena eksim.
  2. Minus : untuk menyehatkan mata, mencegah dan mengobati mata minus adalah dengan cara, wortel segar diparut lalu parutan tadi diperas, disaring dan diambil airnya untuk diminum setiap pagi.
  3. Mengatasi cacingan : parut wortel lalu ditambahkan dengan santan kelapa dan garam secukupnya, lalu diaduk dan disaring, diminum saat malam menjelang tidur.
  4. Menurunkan kolesterol dan sembelit : karena banyaknya kandungan serat dalam  wortel yang dapat menurunkan kadar kolesterol, dengan rutin mengkonsumsi wortel minimal 3 kali seminggu.
  5. Mencegah kanker : mengkonsumsi wortel baik itu sebagai jus, makan mentah atau dimasak, akan dapat mengurangi resiko terkena kangker karena tingginya kandungan senyawa yang bersifat antioksidan dalam wortel.
  Demikian saya sampaikan, semoga bermanfaat.

cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads