Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, December 26, 2016

Manfaat bunga wijaya kusuma

Tanaman ini merupakan tanaman dari bangsa kaktus-kaktusan, walaupun sedikit ada perbedaan habitat hidupnya, dimana pada umumnya tanaman kaktus tumbuh dengan baik pada tempat yang memiliki iklim panas, namun pohon wijaya kusuma dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim tropis.

Ada beberapa jenis tanaman wijaya kusuma yang ada sedikit perbedaan dalam bentuk daunnya, namun saya tidak tahu apakah ini hanya perbedaan minor atau mayor, yang jelas tanaman ini disaat mudanya memiliki batang yang tidak jelas alias hanya berbentuk lembaran daun, namun setelah tanaman ini dewasa atau batang tadi tua, makan akan tampak garis batang yang yang terbentuk disisi lembaran daun.
  • Batang: memiliki bentuk dan kontur batang yang sama dengan daunnya, batangnya merupakan batang lunak dan basah, tanaman bercabang-cabang, dimana cabangnya seolah muncul dari bagian daun, namun sejatinya itu adalah terusan dari batangnya.
  • Daun: memiliki daun yang relatif tebal, memiliki permukaan daun halus, daun berbentuk lonjong memanjang, memiliki tepian daun bergelombang dan landai.
  • Bunga: bagian yang sangat spesial dari tanaman ini adalah bunganya, karena amat banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana proses bunga wijaya kusuma ini saat mengembang, bunga tanaman ini mekar dan mengembang sempurna pada malam hari, dalam waktu yang singkat bunga ini akan mekar dan merekah
  • Buah: tanaman ini menurut informasi yang saya terima memiliki bentuk bulat dan warna biji hitam, tidak semua tanaman wijaya kusuma dapat menghasilkan bunga apalagi hingga berbuah, banyak faktor yang mempengaruhi hingga tanaman ini dapat menghasilkan bunga dan buah, diantaranya iklim dan cuaca, serta kondisi media tanamnya.
Nama latin : piphyllum anguliger
Genus : Epiphyllum

Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman ini diantaranya:
  • Mempercepat penyembuhan luka: gunakan tumbukan daun wijaya kusuma yang sudah lumat, lalu ditempelkan pada luka.
  • Mengatasi bisul: mengatasi bisul ini anda dapat menggunakan bagian bunga dari tanaman ini, bunga dapat ditumbuk halus atau ditempelkan langsung, akan tetapi menurut saya akan lebih bereaksi baik jika bunganya ditumbuk.
  • Obat batuk:gunakan rebusan bagian bunga 2-3 kuntum dengan menggunakan 2 gelas air, lalu diminum setiap hari jika perlu.
  • Meredakan rasa sakit:gunakan rebusan bagian bunga 2 kuntum dengan menggunakan 2 gelas air, lalu diminum setiap hari jika perlu.
  • Mencegah pembekuan darah:gunakan rebusan bagian bunga 2-3 kuntum dengan menggunakan 2 gelas air, lalu diminum setiap hari jika perlu.
  • Mengobati Radang:gunakan rebusan bagian bunga 3 kuntum dengan menggunakan 2 gelas air, lalu diminum setiap hari jika perlu.
  • Menghentikan pendarahan: gunakan rebusan bagian bunga 2-3 kuntum dengan menggunakan 2 gelas air, lalu diminum setiap hari jika perlu.
  • Mengatasi batuk adma dan TBC: gunakan rebusan bagian bunga 2-3 kuntum dengan menggunakan 2 gelas air, lalu diminum setiap hari jika perlu.
  • Mengatasi batuk darah: gunakan rebusan bagian bunga 2-3 kuntum dengan menggunakan 2 gelas air, lalu diminum setiap hari jika perlu.
  • Mengatasi muntah darah:gunakan rebusan bagian bunga 2-3 kuntum dengan menggunakan 2 gelas air, lalu diminum setiap hari jika perlu.
Perlu diperhatikan juga bahwa semua ini adalah manfaat herbal, ada baiknya untuk pemanfaatan atau pemakaian oral atau dikonsumsi, agar terlebih dahulu mengkonsultasikannya pada dokter yang merawat sebelum memanfaatkan tanaman ini

Demikian saya teruskan informasi ini semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua, swaha..

http://cintapohonku.com
Share:

3 comments:

  1. Bagaimana dengan wijaya kusuma hybrid? Apakah kasiatnya sama? Ada beberapa varian wijaya kusuma hybrid, ada bunga putih kecil, kuning, merah muda.

    ReplyDelete
  2. Bagaimana dengan wijaya kusuma hybrid? Apakah kasiatnya sama? Ada beberapa varian wijaya kusuma hybrid, ada bunga putih kecil, kuning, merah muda.

    ReplyDelete
  3. Saya malah blm tahu yang hibryd..terima kasih infonya ya..

    ReplyDelete

ads

Total Tayang Halaman

Ads