Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, December 26, 2016

Manfaat Cengkih-Cengkeh

Siapa yang tidak kenal dengan nama cengkeh, tanaman yang kesehariannya digunakan baik dalam keperluan rempah-rempah rumah tangga sebagai rempah untuk menambah cita rasa masakan dan pengobatan, namun juga digunakan sebagai bahan baku indusri dalam industri  rokok, sebagai bahan pencanpur pada bahan baku rokok kretek.
Pada masa kejayaannya sebelum tahun 90an, cengkeh menjadi komoditi handalan yang sangat mempengaruhi kesejahteraan petani, pada sentra sentra perkebunan cengkeh, masyarakatnya hidup lebih dari berkecukupan, selain bunga keringnya, bahkan daun keringnyapun dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan minyak atsiri, seperti yang pernah saya dengar dari teman di daerah Singaraja, Bali Utara.
Kini setelah hampir 20 tahun berlalu, harga komoditi cengkeh sudah kembali merangkak naik, namun tanaman cengkeh yang produktif sudah terlanjur banyak diganti dengan tanaman lain, dan kini harus menunggu lama agar tanaman cengkeh dapat kembali menghiasi kebun-kebun masyarakat.
Nama latin: Syzygium aromaticum
Nama lain : Cengkih
  • Batang: Tanaman ini dapat tumbuh hingga 10 meter, tumbuh tegak dengan batang dN ranting biasanya tegak keatas, lingkar batang tanaman yang tua dapat mencapai100 cm, tanaman ini dapat tumbuh dengan umur yang panjang.
  • Daun: tanaman ini memiliki daun yang berbentuk lonjong, memiliki tepian yang rata serta jenis daun yang agak kaku dan meruncing pada bagian ujung daun.
  • Bunga: bunga cengkeh berbentuk silindris bulat lonjong, serta membesar pada ujung bunga.
  • Buah: pada kasus bunga yang dibiarkan saja tidak dipetik pada waktunya maka bunga tersebut akan menjadi buah, buahnya berwarna hijau saat masih muda, kemudian berubah warna menjadi merah lalu ungu pada saat buah masak.
Pemanfaatan cengkeh sebagai herbal bagian luar tubuh adalah :
  1. Sebagai campuran minyak urut yang bersifat hangat dan menenangkan
  2. Sebagai campuran obat gigi, menggunakan minyak atsirinya dengan menggunakan kapas lalu diletakkan pada gigi yang sakit
  3. Sebagai bahan peluruh daki, menggunakan cengkeh  pada obat /herbal
  4. Dicampurkan dengan bagian obat lainnya
  5. Mengatasi Flu
demikian yang dapat saya sampaikan, mungkin ada diantara teman-teman yang mengetahui lebih banyak jangan segan segan berbagi.

http://cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads