Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Thursday, December 1, 2016

Manfaat Pohon Kecubung

Tanaman ini merupakan tanaman peredu yang dapat tumbuh subur di tempat-tempat yang memiliki hawa sejuk dan lembab, seperti di daerah-daerah pegunungan yang basah, tempat tumbuhnya biasanya di daerah daerah pegunungan atau dataran tinggi.

Jika ada diantara teman-teman yang belum mengetahui bagaimana rupa dari tanaman kecubung ini, maka sedikit yang akan jelasan mengenai identifikasi tanaman ini.

Batang: tanaman ini memiliki batang berkayu, tumbuhnya tegak keatas, hingga mencapai 3 atau 4 meter.

Bunga: tanaman ini memiliki bentuk yang sangat khas yaitu berbentuk terompet, biasanya berwarna dominan pitih.

Buah: buahnya berbentuk bulat dan memiliki duri lembut di bagian luarnya.
Daun: tanaman kecubung memiliki bentuk daun bulat lonjong, bertekstur lembut dengan tepian rata dan meruncing pada bagian ujungnya

Nama latin : Brugmansia candida
Manfaat
  • Tanaman hias
  • Obat asma
  • Obat batuk
  • Obat pilek
  • Obat kapalan dan kutil: gunakan bunga kecubung setelah dilumatkan lalu ditempelkan pada bagian yang kapalan atau kutilan.
  • Obat memar terkilir, keseleo dan Patah tulang : menggunakan lembaran daun kecubung ditumbuk hingga halus lalu ditempelkanmpada tempat yang sakit
Untuk manfaat lainnya yang berhubungan dengan pengobatan dalam, serta pemanfaatan bagian lain dari daunnya mesti terlebih dahulu dikonsultasikan atau ditanyakan ke pihak yang lebih paham tentang tanaman ini, karena diindikasikan pada bagian Bijinya memiliki efek halusinogen, dan mungkin bisa menjadi hal yang kurang bermanfaat bagi kita.
Demikian, semoga bermanfaat.


cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads