Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Saturday, December 17, 2016

Mengatasi Penyakit Menular Seksual-PMS-Gonorrhoea-Eranthemum elegan

Jika suatu saat teman-teman berkesempatan untuk berkunjung ke Kebun raya Bogor, tidak ada salahnya teman-teman untuk berkunjung ke Kebun  tanaman obat atau medicinal plant collection, anda bisa masuk melalui pintu masuk kebun tanaman obat ini langsung ataupun anda juga bisa masuk melalui kebun anggrek Orchidarium, karena kebun anggrek bersebelahan lokasinya, bahkan nyaris tanpa sekat.
Nah disana kita akan dapat menemukan berbagai jenis tumbuhan berkhasiat obat baik lokal maupun dari manca negara, salah satunya adalah Eranthemum elegan.

 Itulah sebutan nama dari tanaman ini, saya tidak tau pasti apa nama daerah tanaman ini, karena ini merupakan salah satu koleksi dari taman tanaman obat yang berada di kebun raya Bogor, tepat di depan lokasi tanaman ini saya menemukan sebuah papan informasi dimana pada papan informasinya terpampang asal daerah dari tanaman ini adalah dari afrika, mungkin tanaman ini belum menyebar di Indonesia jadi tanaman ini hanya koleksi untuk kebun raya bogor.
Namun tidak ada salahnya kita sedikit menambah wawasan pengetahuan kita tentang tanaman berkhasiat obat, maka berikut saya akan bantu menjelaskan ciri-ciri tanaman ini dari hasil pantauan saya.
Tanaman ini memiliki batang berkayu, sepertinya tanaman ini masuk ke dalam jenis tanaman semak, tinggi tanaman kira-kira 1 hingga 2 meter, memiliki bentuk daun lanset, lonjong dan berpenampang halus, tepian daun rata serta memiliki ujungndaun yang runcing, daun berwarna hijau keungu-unguan.
Bunga: tanaman ini memiliki bunga kecil berkelopak lima, berwarna putih dengan warna ungu pada bagian tengah bunga, dengan aksen berbintik ungu pada pangkal helai kelopak bunga.
Tidak banyak saya dapati informasi mengenai tanaman ini, selain dari papan informasi yang menyatakan bahwa khasiat dari tanaman ini adalah sebagai herbal yang baik untuk digunakan mengobati penyakit kelamin atau gonorhea, yakni pemanfaatan daun dari tanaman ini yang digunakan oleh masyarakat di belahan dunia lain sebagai bahan yang ampuh mengatasi penyakit yang biasa menyerang baik pria maupun wanita pada organ genetikalnya.
Tentunya pengetahuan ini sudah diketahui maupun ditemukan jauh-jauh hari sebelum dunia pengobatan moderen menemukan pengobatan yang lebih praktis dan higienis.
Walaupun tidak dijelaskan bagaimana cara pengolahan bagian tanaman ini sebagai bahan herbal mengatasi penyakit kelamin ini, namun saya rasa sudah cukup memuaskan rasa ingin tahu saya, Semoga kedepannya pihak yang terkait di kebun raya ini juga dapat menyajikan cara-cara pengolahan tanaman herbal dimaksud.
Demikian info dari saya, semoga bermanfaat, terima kasih.

Cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads