Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Saturday, January 21, 2017

Manfaat buah Buni:Antidesma bunius

Mungkin ada diantara teman-teman yang belum mengenal tanaman ini, ini adalah tanaman yang biasa dimanfaatkan buahnya dibeberapa daerah seperti di jawa maupun di bali, buahnya dimanfaatkan sebagai bahan rujak yang sangat populer terutamanya di daerah pedesaan, namun bagi yang tidak menyukai olahannya sebagai rujak tetap dapat mengkonsumsinya secara langsung karena buahnya yang matang memiliki rasa yang manis. Nah sedikit saya infokan perihal tanaman ini, sekiranya ada sobat yang belum tahu.

Pohon : tanaman ini dapat tumbuh tegak hingga belasan meter, memiliki batang yang kuat, kulit kayu relatif halus memiliki banyak cabang dan ranting dan terkesan rimbun, dapat tumbuh di berbagai tempat namun untuk memperoleh produktivitas yang tinggi atau dapat berbuah lebat, tanaman ini membutuhkan cukup asupan nutrisi dari tanah dan paparan sinar matahari.

  • Daun: bentuk daun lonjong berukuran sedang, penampang luar daunnya halus berwarna hijau terang, memiliki pinggiran rata dan meruncing pada bagian ujung daun, serta dari daunnya pula kita dapat mengetahui baik tidaknya tanaman ini, jika daunnya berwarna hijau dan penampangnya licin, maka dapat dipastikan tanaman ini dalam keadaan sangat baik dan subur.
  • Buah dan bunga:musim berbunga tanaman ini biasanya pada bulan januari hingga maret, Bunganya merupakan bunga majemuk, pada saat musim berbuah yang diawali dengan munculnya bunga, pada setiap rumpun bunga terdiri dari puluhan tangkai bunga, serta pada setiap tangkai terdiri dari puluhan bunga kecil yang nantinya menjelma menjadi buah, buahnya berbentuk bulat kecil dengan bijinya yang relatif sangat keras dan padat. Namun saat memgkonsumsinya bijinya dapat ditelan, dan tentunya tidak membahayakan kesehatan, asalkan dalam batas yang wajar.
Nama Latin : Antidesma Bunius (L) spreng

Nama daerah:
  • Buni : ( bali )
  • Boni : ( sunda / jawa barat)
  • Wuni : ( Jawa )
Kandungan dalam buah :
  1. Vitamin C
  2. Vitamin A
  3. Vitamin E
  4. Vitamin B
  5. Fosfor
  6. Kalium
  7. Zat besi
  8. Alkaloida
Manfaat yang dapat diperoleh dalam mengkonsumsi buah buni :
  • Menurunkan resiko Penyakit jantung: dengan kaya akan vitamin C dan anti oksidan, maka mengkonsumsi buah buni dapat menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Peremajaan kulit: kandungan vitamin E pada buah buni juga akan berpengaruh baik bagi kesehatan kulit, terutamanya pada wajah, mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit wajah, serta membuatnya selalu tampak segar dan tentunya anda akan selalu awet muda..
  • Melancarkan pencernaan dan merawat organ pencernaan: karena kaya akan serat dan Vitamin C maka pencernaan akan menjadi lancar, namun tidak dianjurkan mengkonsumsi terlalu banyak karena menyebabkan pencernaan terlalu lancar..hehehe..
  • Menurunkan tekanan darah
  • Sebagai Penambah darah sekaligus pembersih darah: kandungan zat besi pada buahnya bermanfaat bagi metabolisme dalam pembentukan sel darah merah.
Nah itulah sebagian kecil dari manfaat buah buni yang dapat kita peroleh jika kita mengkonsumsinya, tanaman pedesaan ini sangat layak bersaing dengan buah-buah lainnya bahkan buah impor, tentunya bukan dari segi bentuknya melainkan dari segi manfaat dan kandungan vitaminnya, sayangnya buah ini tidak selalu tersedia setiap saat, karena biasanya tersedia pada bulan januari hingga maret setiap tahunnya, itupun jika masih ada yang memiliki pohonnya, karena saya rasa sudah relatif jarang kita jumpai, selain hanya sebagai tanaman yang tumbuhnya liar.

Demikian sedikit dari saya, marilah bersama kita jaga alam, selalu menjaga pohon tetap tumbuh adalah langkah kecil mencintai alam... salam cinta pohonku.

www.cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads