Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Wednesday, January 25, 2017

Pohon Kenari:Canarium Indicum

Mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang mengetahui tentang pohon kenari, terutamanya adalah buah kenari, buah yang diceritakan merupakan buah yang memiliki kulit buah yang teramat keras menyerupai kulit batok kelapa.


Pohon Kenari merupakan salah satu jenis tanaman berkayu yang dapat memiliki postur atau ukuran pohon yang sangat besar, di habitat aslinya tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 40 meter bahkan lebih, di alam bebas tanaman ini merupakan penghasil oksigen yang sangat baik, bahkan akar dari tanaman ini tergolong akar yang sangat baik sebagai pengikat air, dan mencegah erosi, disamping akarnya yang begitu kokoh, akar pohon kenari sangatlah banyak dan kuat.
Habitat asli tanaman ini di tanah air adalah Maluku dan Papua, tanaman Kenari dapat tumbuh baik pada area dataran rendah hingga dataran tinggi, baik di hutan maupun di savana, 
Penyebaran tanaman ini secara alami adalah melalui penyebaran generatif yakni penyebaran biji-bijinya oleh hewan pemakan buah seperti burung, kelelawar dan tupai. sebagian dari hewan-hewan tersebut hanya memakan bagian luar dari biji kenari, itu dikarenakan lapisan kulit dari kenari cukup digemari oleh hewan-hewan tersebut, namun diantaranya ada juga hewan yang memakan hingga daging bijinya,namun dengan sedikit usaha yang keras dikarenakan kuat dan tebalnya cangkang biji dari buah kenari tersebut.
Berikut sedikit pengenalan tentang Pohon Kenari:
  • Batang: tanaman memiliki pohon dengan kulitnya yang agak halus, berwarna coklat kelabu,
  • Daunnya : tanaman ini memiliki bentuk daun majemuk, menjorong, agak tebal dan licin, pada tepaian daunnya rata serta meruncing padanujung daunnya.
  • Buah: buah kenari berbentuk lonjong dibungkus dengan kulit dan daging buah yang tipis, namun memiliki cangkang yang sangat kuat.
Kandungan zat pada tanaman kenari serta bagian-bagiannya.
Buahnya:
  • Mengandung karbohidrat
  • Mengandung lemak
  • Mengandung protein
Bagian dalam biji buah kenari selain dapat digunakan sebagai pengganti almond pada kmakanan, namun biji buah kenari juga dapat menghasilkan minyak yang berkualitas baik.
Bagian kayunya dapat mengeluarkan rasin sebagai zat yang biasa digunakan pada industri sebagai bahan baku produksi vernis dan balsam. Kayunya termasuk kualitas sangat baik, di daerh asalnya pohon kenari kayu kenari digunakan sebagai bahan bangunan dan bahan baku industri kerajinan.

Demikian sedikit yang dapat saya sampaika kepada sahabat sahabat, semoga ada manfaatnnya.


www.cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads