Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Tuesday, February 14, 2017

Manfaat Buah Kopi

Ini merupakan tanaman yang sudah teramat sangat familiar dengan kehidupan kita, itu semua disebabkan hampir setiap masyarakat dewasa di negeri ini sudah mengetahui tanaman ini, paling tidak sudah mengetahui beragam produk akhir dari tanaman ini berupa bahan dasar minuman, ya tanaman ini bernama Kopi, tepatnya pohon Kopi.


Ada dua golongan jenis tanaman kopi yang menyebar dan dibudidayakan di seluruh dunia yaitu: 
  • Kopi jenis Robusta dan;
  • Kopi jenis Arabica.

Kopi Robusta sendiri merupakan kopi jenis lokal yang paling banyak menyebar secara alami di Indonesia, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, tumbuh dengan baik mulai dari Sumatera hingga papua, juga meliputi jawa bali, kalimantan, sulawesi dan ambon.

Tanaman Kopi dapat tumbuh tegak hingga lebih dari 5 meter, memiliki batang yang banyak namun tersusun rapi, memiliki jenis kayu sangat kuat namun pertumbuhannya sangat lambat.
  • Daun: memiliki jenis daun berukuran cukup lebar, dengan penampang luar halus , pertulangan menyirip dan agak timbul, tepian daun rata serta meruncing pada bagian ujung daun.
  • Buah: pada bagian buah, buah kopi berbentuk bulatterdiri dari dua bagian atau keping biji yang dilapisi oleh daging buahyang manis, dan amat disukai oleh hewan-hewan seperti kelelawar dan musang/luwak.

Untuk ukurannya, kopi robusta memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kopi arabica, serta produktivitas kopi arabica jauh lebih tinggi sehingga untuk budidaya kini banyak diusahakan pembudidayaan kopi arabica.

Seperti kita ketahui salah satu zat utama yang terkandung dalam kopi adalah Kafein, maka kafein tersebut yang berperan banyak dalam baik buruknya kesehatan kita dalam mengkonsumsi kopi.
Manfaat:mengkonsumsi kopi dengan takaran yang tepat sesuai dengan umur dan masa tubuh, maka akan diperoleh manfaat bagi kesehatan, diantaranya:
Kafein dalam kopi bermanfaat untuk

  • Menunjang vitalitas Pria
  • meningkatkan gairah
  • Kopi melancarkan peredaran darah
  • Kopi bermanfaat meredakan stress
  • Kopi meredakan capek dan pegal

Namun begitu bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik atau penyakit tertentu sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi, apalagi mengkonsumsinya berlebih, karena berpotensi terkena serangan jantung atau stroke.

Itulah sisi positif dan negatif kopi bagi kesehatan kita, namun begitu tentunya kita tak perlu kawatir, selama mengkonsumsinya secara wajar dan bijaksana niscaya kita akan selalu memperoleh manfaat dari secangkir kopi yang kita minum setiap hari.

Astungkara, semoga artikel ringan ini bisa bermanfaat bagi teman teman pembaca setia Cintapohonku ...
www.cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads