Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, February 6, 2017

Manfaat Patikan Kebo

Satu lagi tanaman gulma yang sering kita jumpai di sekitaran pekarangan rumah kita yang tanpa kita sadari ternyata juga memiliki manfaat herbal, diantaranya untuk mengobati luka dan sebagai obat batuk.

Tidaklah terlalu susah jika kita mencari tanaman ini, namun karena memang tumbuhnya sebagai gulma maka tanaman ini akan selalu disingkirkan pada saat seseorang membersihkan halaman maupun menyiangi tanaman di kebun.

Patikan kebo memiliki bentuk merambat, batang yang dimilikinya berbentuk bulat berukuran kecil, batangnya berruas dan pada setiap ruasnya itu ditumbuhi daun tunggal yang tumbuh sejajar dikedua sisi ya, sedangkan bunganya sendiri muncul disetiap ketiak daun, merupakan bunga majemuk berbentuk bergerombol terdiri dari kuntum bunga yang sangat kecil.

Batang pohonnya termasuk batang yang lunak, mudah patah dan jika patah akan mengeluarkan getah berwarna putih, sekujur batangnya memiliki warna coklat serta daunnya berwarna hijau dengan aksen agak keunguan dan coklat.
Rebusan batang dan daun Patikan Kebo 5 hingga 6 gr dalam 2 gelas air diminum setiap hari jika diperlukan untuk meringankan :
  • Asma: 5-7 gr patikan Kebo batang dan daun direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas, diminum pagi sore @ setengah gelas.
  • Batuk: 5 gr patikan Kebo batang dan daun direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas, diminum pagi sore @ setengah gelas.
  • Radang tenggorokan:5 -7 gr patikan Kebo batang dan daun direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas, diminum pagi sore @ setengah gelas.
  • Buang air kecil  kurang lancar: 3-5 gr patikan Kebo batang dan daun direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas, diminum pagi sore @ setengah gelas.
  • Luka tergores: teteskan getah Patikan kebo pada bagian yang luka, sedikit agak perih namun dapat digunakan sebagai pertolongan pertama serta mencegah infeksi.
Namun senantiasa untuk selalu bijaksana dalam pemakaiannya, tidak dianjurkan mengkonsumsinya berbarengan dengan bahan lain, walaupun hanya herbal namun tetap kurang baik jika mengkonsumsi berlebihan. 
Semoga bermanfaat

www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads