Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Tuesday, February 7, 2017

Temulawak_obat asma,maag dan kolesterol_Curcuma xanthorrhiza

Merupakan bangsa temu-temuan maka seperti kita ketahui bahwa tanaman ini memiliki batang semu yang tersusun membentuk batang bertumpang, dengan pelepah yang berdiri tegak, terdiri dari beberapa helai daun, daunnya berbentuk lembaran menjorong, memiliki tepian daun rata dan meruncing pada bagian ujung daun, Rimpangnya memiliki bentuk berukuran besar dan memiliki cabang-cabang yang kuat, bagian luar rimpang berwarna cokelat muda hingga cokelat tua, isi dalaman berwarna kuning dengan sedikit berserat.



Bunga : merupakan bunga majemuk, memiliki mahkota bentuk lonjong bertabung, kelopak bunga berwarna putih dengan lembaran bunga yang memiliki aksen warna merah di bagian ujungnya.

Nama latin : Curcuma xanthorrhiza
Famili          :
Nama daerah :
  • Temulawak (jawa)
  • Komeng hede (sunda)
  • Temulawak (bali)
  • Temu labak(madura)

Kandungan Atsiri:
  1. Protein dan karbohidrat
  2. Glukosida
  3. Tumetol
  4. Curcumin

Obat penyakit asma
Siapkan satu setengah rimpang temulawak serta gula aren secukupnya, iris tipis temulawak dan keringkan, lalu direbus dengan dua gelas air ditambah sepotong gula aren, hingga menyisakan satu gelas. Setelah itu disaring, dan siap diminum.
Obat sakit maag

Penyakit yang banyak diderita orang Indonesia ini dapat diobati dengan rimpang temulawak, caranya, ambil satu ruas sedang rimpang temulawak, iris-iris lalu ditiriskan sesaat, setelah itu, rebus dengan 3 sampai 4 gelas air bersih hingga mendidih. Saringlah, kemudian tambahkan gula aren atau gula batu jika diperlukan, minumlah satu kali sehari sebanyak satu gelas.

Temulawak Menurunkan kolesterol.
temulawak 30 gr
Sambiloto 15 gr
Rebus kedua bahan dengan air 2 gelas, dinginkan lalu diminum secara rutin
Demikian tambahan info yang saya dapatkan, semoga bermanfaat.

www.cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads