Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, March 20, 2017

Kayu Besi/Ulin

Mungkin teman-teman bertanya-tanya tanaman apa yang saya posting kali ini, bagi rekan rekan yang ada di pulau Kalimantan dan Sumatera mungkin sebagian sudah ada yang tahu tentang tanaman ini, lain halnya teman teman yang berada di bali, mungkin sangat jarang yang mengetahuinya, walaupun sebenarnya pernah menjumpainya dalam bentuk produk jadi.


Kayu ini adalah Kayu Ulin atau sering disebut kayu besi, dikenal akan kekuatannya, lantaran kekuatannya tersebutlah kayu ini memiliki julukan kayu besi, tidak lapuk walau selalu diterpa hujan, dan tidak mengkerut atau bengkok walau selalu diterpa teriknya matahari, dan dijamin tidak akan dimakan rayap walau dibenam atau digeletakkan di tanah.
Pada era Th80an kayu ini digunakan sebagai tiang penyangga instalasi listrik, hingga akhirnya digantikan oleh tiang beton yang lebih ekonomis, namun jauh sebelum itu, kayu besi juga sudah digunakan sebagai bahan bangunan yang super kokoh serta sebagai kayu bantalan Rel kereta api pada masa Penjajahan kolonial Belanda.

Kayu ulin/kayu besi merupakan penghasil kayu yang masuk ke golongan utama, tinggi tanaman ini bisa mencapai puluhan meter tegak keatas, dengan menghasilkan diameter batang hingga lebih dari satu meter, pohonnya sendiri memiliki masa hidup yang sangat panjang, walau pertumbuhannya lambat, namun sebandinglah dengan kekuatan yang dimilikinya.
Sedikit informasi mengenai ciri-ciri fisik tanaman ini, daunnya berbentuk lonjong lebar, penampangnya berwarna hijau halus dengan pertulangan menyirip, tepi daun dari pangkal rata hingga  pada bentuk ujung yang runcing, pucuk daun yang muda berwarna coklat agak gelap.
Batang, memiliki percabangan yang banyak, tanaman tampak kokoh dan tegak keatas, kulit kayu memiliki alur dan agak kasar.
Belum saya dapatkan informasi pemanfaatan bagian dari tanaman ini sebagai herbal di masyarakat, namun begitu tetaplah saya harapkan sedikit informasi yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sekiranya belum pernah melihat atau mungkin belum pernah mendengar perihal tanaman ini, sekali lagi semoga bermanfaat.

www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads