Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, March 20, 2017

Manfaat Pohon kamboja/jepun(plumeria alba)

Untuk tanaman yang satu ini tentunya merupakan tanaman bunga yang paling populer di kalangan masyarakat bali, terutamanya masyarakat penganut Agama Hindu, karaena disamping merupakan tanaman penghasil bunga yang senantiasa digunakan dalam pembuatan sesajen dalam bentuk rangkaian bunga dalam suatu wadah yang terbuat dari jahitan daun kelapa yang disebut canang, atau digunakan sebagai kalung bunga penyambutan dan bunga tabur, tanaman jepun juga menjadi tanaman wajib masyarakat pedesaan di bali, terlebih lagi pada saat bunga tanman ini sempat memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dalam keadaan keringnya, hingga sempat tembus diatas 100rb/kgnya.
Lain di bali lain pula di daerah lain jika di bali tanaman jepun ditanam di halaman rumah dan sekitarnya, namun di tempat lain tanaman ini hanya ditempatkan pada lahan kuburan karena dianggap angker.



Namun itu  bukan merupakan bahasan saya, karena saya akan memberikan sedikit info manfaat lain dari tanaman jepun atau Kamboja ini.

  • Tanaman jepun memiliki jenis batang berkayu, dengan lapisan kulit kayu yang lumayan tebal dan bertekstur kasar dan beralur acak, batang dan cabangnya banyak, daunnya berbentuk lonjong dan bertepi hingga ujungnya landai.
  • Tanaman ini memiliki getah yang banyak dibagian kulit batangnya.
  • Ada berbagai macam dan ragam jenis tanaman kamboja yang ada, masing masing memiliki perbedaan yang tidak terlalu menonjol jika dilihat dari segi fisik batang daun maupun bunganya, yang membedakannya mungkin hanya ukuran batang, ukuran daun serta warna bunganya.
Nama latin : Plumeria Alba
Nama daerah: Jepun (bali)
Bunga kamboja (Nasional)
Pemanfaatan :
  • Sebagai obat sipilis atau kencing nanah:rebus 5-10 gr akar tanaman ini yang sudah dicuci bersih dengan air 220ml, hingga tersisa setengahnya, diminum selagi hangat setiap hari jika diperlukan.
  • Sebagai obat bisul: tumbuk daun kamboja hingga halus, lalu tambahkan minyak kelapa, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.
  • Sebagai obat gatal kutu air: oleskan getah pohon kamboja pada bagian yang sakit
  • Sebagai obat kaki pecah-pecah: gunakan batang muda dari pohon kamboja, dipanaskan pada bara api hingga lemas, lalu gunakan tumit yang sakit untuk menginjak" batang kamboja yang sudah dibakar tersebut, atau cara lain anda dapat juga meneteskan getah kamboja pada bagian yang sakit.
  • Sebagai obat luka: untuk mengatasi luka lecet baru dapat kita gunakan getah dari tanaman ini sebagai pertolongan pertama, antiseptik  yang dimilikinya dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka
  • Sebagai obat sakit gigi: pemanfaatan getah dari tanaman ini diyakini mampu mengatasi sakit gigi, dengan mengambil beberapa tetes getah dengan menggunakan kapas, lalu kapas yang sudah berisikan cairan getah kamboja tersebut diletakkan pada bagian gigi yang sakit(berlubang)
Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan, dimana kesemuanya itu adalah merupakan resep herbal tradisional, semoga bermanfaat.

www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads