Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, March 20, 2017

Manfat Belimbing Besi

Belimbing Besi, merupakan salah satu dari sekian banyak jenis belimbing yang ada tumbuh di tanah air, jika dilihat dari bentuk batang dan percabangan hingga bentuk daun serta buahnya, hampir tidak kita ketahui bahwa sejatinya belimbing besi tersebut memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dari jenis-jenis belimbing pada umumnya.




Belimbing besi memiliki rasa buah yang teramat sangat asam, bahkan saat matang sekalipun, rasa manisnya tidak akan kita jumpai pada buah belimbing besi, bagi siapa saja yang mengkonsumsinya, dapat saya pastikan buah ini akan sanggup membuat kita mengerutkan dahi pada saat mencoba memakan daging buahnya.

Nah dari rasa buahnya inilah secara gamblang dapat kita mengidentifikasi buah belimbing besi tersebut, disamping pula memiliki jenis daun yang sedikit agak tipis dan lembut daripada tanaman belimbing lainnya.
Di bali sendiri pemanfaatan tanaman ini digunakan terutamanya adalah pada bagian daunnya, dimana daun tanaman ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat bali sebagai sayuran, baik itu sayuran yang dikonsumsi ataupun sayuran untuk pembuatan sesajen atau upakara dan ritual adat serta acar keagamaan, daun belimbing besi ini dipilih dari banyak jenis tanaman belimbing yang ada disekitar kita.

untuk daunnya sendiri berbentuk lonjong dan berukuran sedang hingga kecil, daunnya berjenis majemuk terdiri dari beberapa helai daun dalam batang daun.
Kandungana vitamin: Buahnya kaya akan Beragam jenis vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh manusia, terutamanya adalah vitamin C dan zat besi.
buah: kaya akan vitamin C, dapat digunakan sebagai juice ataupun dikonsumsi langsung untuk melancarkan pencernaan, mengatasi kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh
Pemanfaatan daun dari belimbing ini sebagai sayur dikarenakan tekstur dari daun belimbing jenis ini lebih lembut dan empuk dibandingkan dengan jenis yang lain, dengan menambahkan rebusan ubi jalar, daging hati yang dikukus dan bumbu, serta dibungkus menggunakan usus atau daun ataupun kantung sintetis, maka jadilah sayuran yang lezat.
Demikian saya sampaikan buat teman", sedikit mengenal tanaman belimbing Besi.
www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads