Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sunday, April 16, 2017

Pungut

Merupakan tanaman dari jenis tanaman peredu, banyak kita jumpai pada daerah dataran rendah, di tanah air tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik pada tempat-tempat dengan keadaan tanah yang cukup kering dan daerah panas, pertumbuhannya relatif lambat, namun memiliki kemampuan bertahan yang baik, oleh sebab itu di Bali, khususnya di daerah saya, tanaman pungut banyak kita jumpai digunakan sebagai tanaman pagar pembatas tanah tegalan.

Berikut sedikit dapat saya sampaikan mengenai tanaman ini.
  • Batang: batang tanaman merupakan tanaman berkayu, memiliki batang, cabang dan ranting relatif banyak, serta dapat tumbuh tegak lebih dari 3 meter.
  • Daun: jenis daun yang dimiliki oleh tanaman ini adalah daun majemuk, dalam satu tangkai terdapat beberapa helai daun, daunnya berbentuk bulat lonjong berukuran kecil, memiliki tepian sedikit agak bergelombang.
Pemanfaatan atas  tanaman ini di masyarakat sangat populer sebagai tanaman hias yaitu digunakan sebagai bonsay, itu dikarenakan tak lain adalah karena karakter batang serta daun yang dimilikinya sangat ideal untuk dijadikan bonsai.

Tidak hanya sampai disitu, menurut penuturan orang-orang di daerah saya..dahulunya masyarakat memanfatkan daun pungut
Ini sebagai herbal untuk membantu melancarkan pengeluaran darah sisa persalinan pada wanita yang selesai melahirkan, caranyapun sangat sederhana, cukup menggunakan segenggaman daun pungut yang masih muda, diremas dengan menggunakan air matang lalu disaring, nah air remasan inilah dikonsumsi 1 hingga 2 cangkir sehari.
Demikianlah sedikit info yang dapat saya teruskan, semoga sedikit dapat menambah pengetahuan kita..
Terima kasih

www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads