Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, May 1, 2017

Manfaat Kedondong/kedongdong

Tanaman kedondong merupakan tanaman peredu yang dapat tumbuh tinggi hingga belasan meter, tergolong tanaman yang tumbuh dan perkembangannya sangat pesat, namun memiliki jenis kayu yang kurang begitu padat, alias agak empuk dan basah.
Bentuk daunnya bulat lonjong seperti daun pahon-pohon lainnya, namun sangat mirip dengan daun dari pohon cem-cem yang di bali biasa digunakan sebagai ramuan minuman kesehatan atau minuman penyegar tubuh, memiliki permukaan halus dan pertulangan menonjol, pinggirannya rata serta meruncing pada bagian ujung daun.


Untuk buahnya, kedondong agak unik karena di dalam daging buahnya terdapat serabut kaku yang menjulur dari bagian bijinya, namun tidak sampai menembus kulit buahnya, sehingga kulit buahnya tetap mulus dan tampak licin.
Kini saya beralih pada segi manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi buah kedondong, buah yang memiliki nama latin Spondias Dulcis ini selain baik dan enak digunakan sebagai olahan rujak, bagian tanaman ini juga sudah sejak lama diketahui memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, itu tak lain karena kandungan vitamin serta mineral dan zat-sat membangun lainnya yang terkandung dalam tanaman ini, diantaranya pada daun, buah maupun kulit batangnya.
Pada umumnya kandungan Vitamin A pada buahnya tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan organ indera pengelihatan kita yaitu Mata, Vitamin C sudah barang tentu bermanfaat bagi imunitas dan kebugaran tubuh, menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit serta kontaminasi radikal bebas.
Rebusan daun kedondong juga dapat dimanfaatkan sebagai herbal untuk membantu menyehatkan organ pencernaan, serta mengatasi diare, selain itu juga rutin mengkonsumsi rebusan daun ataupun perasan buah kedondong yang telah dihaluskan atau diparut kira-kira satu gelas dua kali seminggu, dipercaya akan dapat menjaga kesehatan jantung atau menghindari kita dari serangan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Nah demikian info yang dapat saya teruskan, semoga hal yang kecil ini dapat bermanfaat buat rekan-rekan semua.
Terima kasih.
www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads