Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Monday, May 1, 2017

Manfaat Undis

Merupakan salah satu tanaman semak berbiji polong-polongan, atau bagian dari kacang-kacangan, tanaman ini sering dibudidayakan oleh masyarakat di pedesaan, secara sederhana disemai dan ditanam pada tepi luar pematang sawah,tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus, tanaman ini akan tumbuhdengan baik jika mendapatkan nutrisi yang cukup dari tanah, air serta terpapar sinar matahari, tanaman ini juga menyimpan nutrisi pada akarnya, maka sejatinya tanaman ini sangat baik dipergunakan sebagi pupuk kompos pada ladang serta tanah pertanian.
Beda halnya dengan hal tadi, mungkin saja perlakuan khusus diberikan jikalau budidaya tanaman ini dilakukan secara khusus dan ditanam secara besar-besaran pada lahan khusus yang dimaksudkan untuk mendapatkan hasil yang besar pula, dalam artian usaha budidayanya adalah berorientasi usaha dan untuk menghasilkan biji dalam sekala besar.
Namun yang saya bicarakan ini adalah tanaman yang hanya di tanam sebagai tanaman selingan yang hanya sebagai penopang kebutuhan sayuran rumah tangga semata.
tanaman ini biasanya tumbuh tegak dengan ketinggian rata" mencapai 2 meter, memiliki percabangan yang sangat banyak sehingga terkesan sangat rimbun, memiliki bentuk daun lonjong dengan pertulangan menyirip, tepian daun rata dengan bentuk meruncing pada bagian ujung daun.

Memiliki bentuk bunga berwarna merah berbentuk bulat lonjong, merupakan bunga majemuk, dimana bunga muncul pada bagian ujung batang menggerombol yang terdiri dari benerapa bunga setiap batangnya.
Pada saat selesai dilakukan penyerbukan oleh serangga terhadap bunga tanaman ini, maka akan segera terbentuk buah, dimana bentuk buahnya berbentuk lonjing pipih dengan berisikan beberapa biji dalam satu cangkang buah.
Pada saat matang kulit cangkang buah akan berubah warna menjadi coklat, nah pada saat itulah buah tanaman ini sudah siap untuk dipanen.
Pengolahan biji tanaman undis secara umum dan sederhana adalah dengan memanfaatkan bijinya sebagai sayuran berkuah, dimana pada proses memasaknya, bijinya akan menghasilkan kuah berwarna merah marun.
Karena undis ini termasuk tanaman kacang-kacangan, maka dari mengkonsumsinya tentulah banyak faedah yang akan kita peroleh, hal itu disebabkan karena biji undis kaya akan vitamin dan protein.
Dilanjut kepada manfaat herbal tanaman undis,
Daun: digunakan sebagai obat saluran pencernaan dari organ mulut hingga usus,  serta mengobati radang hati,dengan cara meminum air perasan daun yang terlebih dahulu diremas-remas dalam wadah berisi cukup air lalu disaring dan ditambahkan garam dan gula batu secukupnya.
Untuk pemakaian luar:
Daunnya dilumatkan lalu ditambah sedikit garam dapur, untuk mengatasi gatal herpes
Bijinya: digiling lembut lalu ditempelkan,untuk mengatasi lebam pada permukaan kulit.
demikian semoga bermanfaat buat kita semua.
www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads