Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Friday, June 9, 2017

Manfaat Buah Kepundung (menteng)

Bagi Masyarakat bali terutamanya yang berdomisili dimpedesaan, ataupun yang dulunya memiliki masa kecil di daerah pedesaan tentunya tidak akan merasa asing mendengar nama buah ini, ya.. kepundung, dan itu merupakan penyebutan nama daerah masyarakat bali terhadap buah berbentuk bulat majemuk seukuran kelereng yang menjuntai ini serta memiliki tiga hingga empat bulir dalam satu buahnya, ada dua macam warna bulir isi buah yang sering dijumpai yaitu berwarna merah keunguan dan kuning muda. Serta rasa nya mulai asam hingga manis juga ada.


Perlu kita ketahui juga tanaman kepundung ini menurut informasi merupakan tanaman asli indonesia yaitu Jawa, penyebarannya banyak dijumpai di pulau jawa dan bali.
Lain di bali lain juga di jakarta, walau sangat jarang namun hingga saat ini buah kepundung yang memiliki nama lain buah "menteng"(nama buah ini menurut bahasa Betawi) masih tetap dijual pada masa" tertentu, bisa kita jumpai salah satunya pada area luar pintu masuk timur parkiran Kebun Binatang Ragunan di jakarta selatan.

Beraneka macam buah tradisional yang dijual disana seperti misalnya menteng,duku, kesemek,tomang,kecapi, serta umbi talas, bengkoang,dll.
Jadi bagi teman-teman yang ingin merasakan buah-buahan yang saya sebutkan tadi, dapat mencobanya disana, tentunya dengan harga yang lumayan murah bagi hitungan kota besar, yakni mulai 5 rb hingga 15 rb rupiah.

kita kembali lagi ke tanaman menteng, merupakan tanaman peredu yang dapat mencapai ketinggian tumbuh dapat lebih dari 10 meter, memiliki jenis kayu yang padat dan percabangan kuat.
Daun berbentuk bulat lonjong berwarna hijau tua, memiliki penampang daun yg halus, serta tepian merata hingga melancip pada sisi ujung daun.

Banyak manfaat jika kita mengkonsumsinya namun tetap tidak dianjurkan makan berlebihan, kandungan Vitamin C yang tinggi juga dapat menyebabkan diare dan rasa asamnya juga dapat meningkatkan reaksi asam lambung, walau begitu dalam jumlah wajar dan secukupnya inilah manfaat yang dapat kita peroleh:
  1. Membantu pencernaan ( Metabolisme tubuh )
  2. Baik bagi kesehatan jantung
  3. Baik untuk kesehatan kulit
  4. Dapat mencegah sariawan
  5. Anti penuaan dini
  6. Membantu dalam pembentukan sel darah merah.
Demikian saya sampaikan semoga bermanfaat.
www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads