Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sunday, July 16, 2017

Manfaat daun Sembung

Tanaman yang satu ini jika sepintas amat mirip dengan tanaman tembakau, tanaman yang memiliki daun yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan baku utama dalam industri pembuatan rokok.

Namun tanaman ini sangat jauh dari persamaan manfaatnya, dimana pemanfaatan tananaman sembung ini adalah sebagai bahan dalam pembuatan jamu tradisional, dimana jika di Bali dikenal dengan nama "Loloh", loloh dibuat dengan cara meremas daun, buah atau bagian lain tanaman dalam wadah berisikan air untuk mendapatkan saripatinya, lalu airnya disaring hingga terpisah dari ampasnya, hasilnya itulah yang disebut loloh.
Sebenarnya daun sembung merupakan salah satu dari sedemikian banyaknya jenis daun-daunan yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan untuk dijadikan loloh, tergantung dari keluhan yang dirasakan, maka bahannyapun akan berbeda, seperti daun sembung ini dimanfaatkan oleh masyarakat mengatasi gangguan pencernaan berupa panas dalam dan juga dapat digunakan sebagai herbal untuk meningkatkan nafsu makan.
Dikarenakan oleh rasanya yang relatif pahit, biasanya tidak terlalu banyak yang suka memanfaatkan daun ini, terlebih lagi buat anak-anak, tentunya bagi mereka meminumnya bagaikan horor yang menakutkan, walau sejatinya khasiat yang dimiliki oleh tanaman ini sudah tidak perlu diragukan lagi.
Mungkin untuk sedikit memperjelas dalam mengidentifikasi tananaman ini berikut saya sampaikan beberapa hal mengenai ciri-ciri tanaman Sembung:
  • Bentuk Batang Pohon Sembung : Batang pohonnya tumbuh tegak, hingga lebih dari dua meter dengan batang yang memiliki ruas, pada ruas batang tersebutlah muncul lembaran daun tunggal dan kumpulan bunganya.

  • Bentuk daun Sembung : daunnya berbentuk lebar berbulu lembut dan halus, memiliki penampang luar rata dan meruncing pada ujungnya.


  • Bentuk bunga Sembung : memiliki bunga berukuran relatif kecil, bergerombol berwarna putih, berbentuk lonjong seperti terompet.


Sekiranya penjelasan tadi belum dapat dipahami, ada baiknya anda memperhatikan foto tanaman sembung yang telah saya sertakan pada bagian tulisan ini.
Besar harapan saya semoga hal kecil ini bermanfaat bagi kita semua.
www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads