Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sunday, August 20, 2017

Bentuk pohon Cabe Jawa, Tabia bun (bali),


Tabia bun berasal dari dua kata yaitu tabia yang artinya cabe dan kata "bun" yang artinya tanaman merambat, jadi tabia bun dalam bahasa bali itu merupakan tanaman cabe yang merambat.
Dalam bahasa Indonesia sendiri, tanaman ini disebut dengan nama cabe jawa, mungkin karena karakteristik bentuk buah serta rasa pedas yang dimilikinya serta habitat tumbuhnya yang menyebar luas di daratan tanah jawa sehingga namanya disebut demikian, entah apalagi nama darrah yang diberikan oleh masyarakat daerah lain, saya rasa dengan keanekaragaman suku dan bahasa yang ada di negeri kita tentunya ada penamaan lain akan tanaman ini.
Tanaman ini dimanfaatkan buah serta daunnya, jika daunnya dimanfaatkan sebagai sayuran, sedangkan buahnya dimanfaatkan sebagai salah satu rempah dalam bumbu-bumbuan masyarakat kita.
Disamping itu pula, olahan buahnya juga dikenal sebagai herbal vitalitas di masyarakat, khusus pengolahan akan buahnya yaitu memanfaatkan seduhan buah cabe jawa diminum hangat sebelum tidur, (sudah pernah saya posting pada tulisan saya sebelumnya)

Kali ini saya hanya akan menambahkan gambar-gambar penunjang yang dapat membantu mengidentifikasi bentuk tanaman tabia bun atau cabe jawa.

Bentuk Buah Cabe jawa / Tabia Bun (bali)

Bentuk pohon rambat Cabe jawa / Tabia Bun (bali)

Bentuk Buah muda Cabe jawa / Tabia Bun (bali)

Bentuk Batang dan daun Cabe jawa / Tabia Bun (bali)

Demikian semoga bermanfaat
www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads