Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Wednesday, August 16, 2017

Manfaat dan bentuk Pucuk lilin

Dari sekian banyak ragam jenis tanaman pucuk atau secara nasional disebut bunga "kembang sepatu" kali ini saya akan sedikit menambah perbendaharaan pengetahuan teman-teman akan tanaman bunga.


Tanaman ini disebut pucuk lilin tak lain dikarenakan oleh bentuk bunganya yang berbentuk mirip buluh yang memanjang, kendati memiliki kelopak bunga yang lebar akan tetapi kelopak bunga yang dimilikinya tidaklah pernah mengembang sempurna sebagaimana jenis-jenis tanaman kembang sepatu lainnya. 

Namun begitu tentunya tidaklah mengurangi keindahan yang dimiliki oleh tanaman bunga ini, dikarenakan warna bunga kembang sepatu jenis ini tergolong kedalam jenis bunga yang cerah, dengan kelopaknya berwarna merah menyala yang dimilikinya, jadi cukup diminati oleh masyarakat baik itu digunakan dalam pembuatan sarana upacara  maupun sebagai tanaman penghias halaman.

Di kampung saya air perasan daun tanaman pucuk ini digunakan sebagai campuran adonan pada saat membuat jajan tradisional yaitu "jajan Sirat", dimana fungsi dari perasan daun pucuk tersebut untuk menyempurnakan kekentalan dari adonan tepung sebagai bahan dasar dalam pembuatan jajanan ini.
Selain itu, daun yang berbentuk mirip jantung lancip ini juga dapat dikonsumsi air perasan daunnya sebagai minuman pendingin perut dan penyehat usus, walau mungkin sedikit terasa berlendir, namun menyehatkan.
Nah demikian sedikit saya infokan semoga hal kecil ini dapat bermanfaat.
www.cintapohonku.com




Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads