Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Friday, October 13, 2017

Ki Urat:Mengatasi keputihan


Ki Urat (sunda) atau dikenal populer dengan nama daun Sendok
Plantago Major Bert

Tidaklah sulit bagi kita untuk menemukan tanaman ini, mungkin hanya dengan sedikit kejelian memperhatikan tepian jalan di pedesaan maupun pegunungan, bahkan tidak jarang pula tanaman ini tumbuh dengan baik di perkotaan, dimana ada lahan kosong, baik basah maupun kering, tanaman ini juga dapat tumbuh dan beradaptasi.


Namun perbedaannya mungkin ada pada ukuran lembaran daunnya, dimana pada tempat yang subur dan dengan kelembaban dan sinar matahari yang cukup, maka daunnya akan menjadi lebih lebar dan berwarna hijau dan sejuk dipandang.

Di daerah tertentu seperti di pedesaan di Kabupaten Malang jawa Timur, maupun di Pedesaan di Jawa Barat, saya memperoleh informasi bahwa tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai sayuran, disamping rasanya yang enak, terdapat pula manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, namun begitu tetaplah tidak dianjurkan mengkonsumsi berlebihan, melainkan digunakan sebagai sayuran pengganti menu harian.


Untuk mengatasi keputihan pada wanita, biasanya memanfaatkan air rebusan dari tanaman ini ditambahkan dengan irisan kunyit, dibuat layaknya minuman teh hangat, dapat ditambahkan sedikit gula untuk menambah citarasanya.
Demikian semoga bermanfaat.


www.cintapohonku.com

Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads