Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sunday, October 15, 2017

Manfaat Keladi/Talas:

Talas keladi Xanthosoma Ningrum
Merupakan tanaman terna ataupun tanaman berbatang lunak, tanaman ini sangatlah simpel, terdiri dari batang semu yang berongga menopang daunnya yang amat lebar, dimana dikenal daunnya mirip dengan telinga seekor gajah, bagi masyarakat bali menyebut tanaman talas ini sebagai tanaman keladi.

Bentuk batangnya menjulur keatas dengan cekungan disisi dalam batangnya, bagian batang dalamnya memiliki rongga-rongga yang mirip bagaikan spon, bentuk daun berukuran lebar dengan tepian yang agak bergelombang, 

Pada bagian akar tanaman yang sudah dewasa akan membentuk umbi.
Umbi keladi dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, posisinya dapat disetarakan dengan Ubi Jalar, Ketela pohon, maupun jagung.

Pengolahannya juga tidaklah terlalu sulit, umbinya dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, dibakar ataupun digoreng, karena umbi dari keladi ini tidaklah dapat dikonsumsi secara langsung, karena memiliki banyak getah.


Penganan keladi rebus atau kukus juga digunakan oleh masyarakat sebagai menu diet dalam upayanya untuk menurunkan kadar gula darah.
Getahnya digunakan untuk mengikis kapalan pada tangan ataupun mata kaki, dengan mengoleskan getahnya secara rutin pada bagian yang kapalan, namun terkadang getahnya dapat juga menyebabkan alergi dan gatal-gatal pada bagian lain kulit yang terpapar.
Batang dan daunnya disebagian daerah ada yang dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan, bahkan disebagian daerah daun mudanya dimanfaatkan sebagai sayuran yang lezat.


Share:

0 comments:

Post a Comment

ads

Total Tayang Halaman

Ads